Keputihan Terus Menerus Pertanda Penyakit Apa?

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Untuk para perempuan, menurut kalian pertanda apakah bila keputihan terus menerus keluar? Apakah mungkin itu pertanda hamil atau mengalami penyakit menular seksual.

Akan tetapi, bila keputihan terus menerus keluar yang tidak berwarna dan tidak berbau itu masih termasuk normal dan umum di alami oleh seorang wanita.

Namun beda cerita bila keputihan tersebut berwarna dan berbau abnormal, harus waspada bila mengalami hal ini.

Jawaban dari Keputihan Terus Menerus Keluar

Keputihan yang terus menerus keluar dalam jumlah tidak biasa bisa menjadi hal ini menjadi adanya tanda masalah kesehatan secara mendasar.

Misalnya infeksi bakteri dan jamur, penyakit menular seksual, alergi, dan juga masalah hormonal.

Penyebab Keputihan Abnormal

Keputihan normal adalah proses alami dari sistem reproduksi wanita yang membantu membersihkan dan melindungi vagina dari infeksi.

Namun, jika keputihan terus menerus beserta dengan gejala lain, ini mungkin menandakan adanya masalah kesehatan. Berikut adalah beberapa penyebab keputihan terus menerus pada wanita:

1. Infeksi jamur

Infeksi jamur pada vagina (yang disebut kandidiasis) bisa memicu keputihan abnormal. Memiliki ciri-ciri berwarna putih keabu-abuan yang terasa gatal dan menyebabkan rasa sakit saat buang air kecil.

2. Bakteri vaginosis

Bakteri vaginosis adalah infeksi bakteri yang dapat menyebabkan keputihan berwarna putih atau abu-abu yang berbau tidak sedap.

3. Infeksi menular seksual (IMS)

IMS seperti klamidia, gonore, atau trichomoniasis. Hal ini bisa menyebabkan keputihan abnormal beserta juga dengan rasa sakit atau gatal pada area genital.

4. Iritasi

Iritasi atau alergi pada sabun, produk perawatan tubuh, atau juga alat kontrasepsi.

5. Penggunaan antibiotik

Antibiotik dapat mengganggu keseimbangan bakteri sehat di dalam vagina dan menyebabkan keputihan.

6. Menopause

Perubahan hormon selama masa menopause karena juga bisa menyebabkan peningkatan risiko keputihan abnormal.

7. Kanker serviks

Kanker serviks yang jarang terjadi dapat menyebabkan keputihan abnormal.

Metode Cara Mencegahnya

Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu mencegah keputihan terus menerus pada wanita, di antaranya adalah:

  • Menjaga kebersihan area vital
  • Menggunakan pengaman saat behubungan
  • Menghindari metode douching
  • Mengonsumsi makanan yang sehat
  • Menggunakan pakaian yang nyaman
  • Rutin menjalani pemeriksaan

Keputihan yang terus menerus keluar dalam jumlah tidak biasa bisa menjadi hal ini menjadi adanya tanda masalah kesehatan secara mendasar.Misalnya infeksi bakteri dan jamur, penyakit menular seksual, alergi, dan juga masalah hormonal.

Konsultasi Gratis secara Online 24 Jam Klinik Keputihan Terdekat Jakarta

Carilah referensi klinik untuk penyakit kelamin atau penyakit menular seksual terdekat. Dengan biaya terjangkau serta gratis layanan konsultasi secara online melalui Live Chat WA.

Klinik Spesialis Penyakit Kelamin ini memiliki dokter spesialis kulit kelamin serta staf medis yang berstandar internasional.

Pelayanan yang Kami berikan ramah dan memuaskan, sehingga pasien yang menjalani pengobatan pada klinik kami, serta alat medis yang canggih dan modern.

Bila memiliki penyakit menular seksual atau penyakit kelamin yang mengganggu, segeralah hubungi Klinik Utama Sentosa pada nomor yang tertera diatas.

Meuthia Lathifa seorang Content Writer Specialist di Klinik Sentosa dan saat ini sedang fokus menulis artikel mengenai dunia kesehatan, khususnya penyakit kulit kelamin. Yuk, kenal lebih dekat dengan Meuthia, bisa intip IG-nya: @yxmthifa

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.






    Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta