Kenali Penyakit Sifilis dari Dokter Spesialis Kelamin

Guna mengatasi suatu penyakit, kita harus lebih mengenal sifilis dari dokter spesialis kelamin. Begitu pun cara pencegahan, penanganan serta pengobatannya. Agar dapat mencegah dan menangani secara tepat.

Baca Juga : Jenis Pengobat Dokter Sifilis Terbaik

Dokter spesialis kelamin adalah dokter yang terlatih untuk mendiagnosis dan merawat pasien yang terinfeksi sifilis. Biasanya, dokter ahli sifilis adalah dokter spesialis penyakit menular atau ahli kulit dan kelamin.

Mengenal Sifilis

Masalah kelamin sifilis adalah penyakit menular seksual. Penyebabnya adalah bakteri Treponema pallidum. Penyakit ini menyebar melalui hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi.

Sifilis juga dapat menyebar dari ibu hamil yang terinfeksi ke janin selama kehamilan atau persalinan. Janin yang terinfeksi sifilis selama kehamilan dapat mengalami berbagai masalah kesehatan. Termasuk kelahiran prematur, kelainan pada organ, kebutaan, dan bahkan kematian.

Tahapan Sifilis

Sifilis terbagi menjadi empat tahap, yaitu:

Tahap primer

Gejala awal biasanya berupa luka terbuka pada organ kelamin, anus, atau mulut. Luka ini biasanya tidak menyakitkan dan muncul setelah 3-4 minggu setelah terinfeksi.

Tahap sekunder

Gejala pada tahap ini meliputi ruam kulit, demam, sakit kepala, dan nyeri otot. Gejala ini muncul setelah 2-8 minggu setelah luka terbuka.

Tahap laten

Pada tahap ini, bakteri yang menyebabkan sifilis masih ada dalam tubuh, tetapi tidak menimbulkan gejala. Periode ini dapat bertahan selama bertahun-tahun.

Tahap tersier

TIngkatan ini terjadi jika sifilis tidak diobati. Pada tahap ini, bakteri dapat menyerang organ tubuh dan jaringan, seperti jantung, pembuluh darah, otak, dan tulang. Gejala pada tahap ini sangat serius dan dapat menyebabkan kematian.

Penanganan Sifilis

Penanganan sifilis tergantung pada tahap infeksi dan tingkat keparahan gejalanya. Namun, sebelum hal itu terjadi. Ada baiknya Anda mencegahnya dengan hal-hal seperti berikut:

  • Gunakan kondom saat berhubungan seksual
  • Hindari hubungan seksual dengan orang yang memiliki riwayat sifilis atau penyakit menular seksual lainnya
  • Lakukan tes sifilis secara teratur
  • Hindari menggunakan jarum suntik dan alat lain yang terkontaminasi
  • Menghindari perilaku seksual yang berisiko
Mengenal Sifilis dari Dokter Spesialis Kelamin
Lebih baik jika kita mengenal sifilis langsung dari dokter spesialis penyakit kelamin.

Pengobatan Sifilis

Jika Anda curiga terinfeksi sifilis, segera hubungi dokter spesialis penyakit kelamin terdekat. Seperti yang ada di Klinik Utama Sentosa. Guna melakukan pemeriksaan dan pengobatan yang tepat.

Sifilis dapat diobati dengan antibiotik. Pengobatan yang tepat dapat menyembuhkan infeksi dan mencegah komplikasi serius. Namun, pengobatan pada tahap lanjut tidak dapat mengembalikan kerusakan organ atau jaringan yang sudah terjadi.

Baca Juga : Apakah Penyakit Sifilis bisa Sembuh?

Selain itu, pengobatan yang tepat pada ibu hamil penderita sifilis dapat mencegah penularan infeksi ke janin. Pengobatan dilakukan juga dapat membantu mencegah komplikasi pada ibu dan memastikan kelahiran bayi yang sehat.

Author:
Feni Amalia saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar kesehatan sebagai Content Writer di Klinik Sentosa.

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.






    Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta